Cara Merawat Motor Injeksi Berita Otomotif yang Informatif

Cara Merawat Motor Injeksi, Berita Otomotif yang Informatif – Pesatnya perkembangan teknologi juga diikuti dengan perkembangan pada dunia motor yang semakin pesat. Salah satu contohnya ialah teknologi injeksi yang kini sudah banyak digunakan pada motor. Pada teknologi ini mesin pembakaran telah dikontrol lebih tepat antara pencampuran bahan bakar dan udara.

Akan tetapi ada sebagian pengguna motor yang merasa malas untuk melakukan perawatan. Tak terkecuali untuk motor dengan sistem injeksi. Bisa jadi karena belum tahu bagaimana perawatannya atau mereka memang malas. Berita otomotif ini akan membahas mengenai perawatan motor injeksi. Berikut beberapa caranya.

Mengganti Oli Secara Berkala

Untuk merawat motor injeksi ini, Anda perlu mengganti oli secara berkala. Hal ini sangat penting dan tidak boleh terlewat pada perawatan motor injeksi. Sebaiknya Anda mengganti oli setiap dua bulan sekali. Anda bisa memeriksa jarak tempuh yang sudah dilalui motor. Jika sudah menempuh jarak 1.000 km maka Anda harus segera mengganti oli.

Hal ini perlu untuk menghindari mesin motor yang kekurangan pelumas (kering). Mesin motor akan terganggu kinerjanya. Pada umumnya setiap mesin pasti harus menggunakan oli sebagai pelumasnya. Dengan begitu kinerjanya akan maksimal. Tak hanya itu, mesin juga akan lebih tahan lama.

Memakai Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Pada berita otomotif Anda akan sering mendengar istilah oktan pada bahan bakar. Maksudnya ialah kualitas yang dimiliki bahan bakar. Untuk motor injeksi ini Anda perlu menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas. Hal ini merupakan salah satu cara merawat motor injeksi yang paling sederhana.

Bahan bakar beroktan tinggi bisa menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Sedangkan penggunaan bahan bakar berkualitas rendah dapat memicu kerusakan pada komponen mesin. Anda disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak jenis pertamax yang memiliki oktan yang cukup tinggi.

Perawatan Busi

Perawatan busi juga sering dijadikan pembahasan penting pada berita otomotif. Setiap perawatan motor pasti harus melakukan perawatan pada busi. Busi merupakan pemantik api  untuk proses pembakaran pada mesin. Anda harus memeriksa busi secara berkala agar dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin.

Apabila busi rusak, maka proses pembakaran pada mesin tidak sempurna sehingga mesin kurang bertenaga. Dengan begitu motor tidak dapat menyala. Jika busi motor sudah tidak menghasilkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru. Dengan begitu motor injeksi Anda bisa berfungsi dengan baik.

Memeriksa Kondisi Aki

Motor injeksi sangat bergantung pada kondisi aki yang berfungsi menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Anda harus memastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki motor. Aki merupakan komponen utama yang mempengaruhi berjalannya mesin motor. Jadi pastikan kondisi aki motor injeksi Anda tetap baik.

Itulah beberapa cara merawat motor injeksi yang menjadi berita otomotif yang informatif bagi Anda. Pastikan Anda merawat motor injeksi Anda dengan baik. Dengan begitu motor Anda bisa bertahan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*